Selamat Datang di Blog Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas X.4 SMA Negeri 2 Kota Tangerang Selatan
Tingkatkan Prestasi dengan Mencintai dan Melestarikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Minggu, 13 Januari 2013

KARANGAN PERSUASI

I. PENGERTIAN
Paragraf persuasif adalah suatu bentuk karangan yang bertujuan membujuk pembaca agar mau berbuat sesuatu sesuai dengan keinginan penulisnya. Agar tujuannya dapat tercapai, penulis harus mampu mengemukakan pembuktian dengan data dan fakta. 

II. JENIS-JENIS

II.1. Iklan
Pengertian iklan bisa di definisikan sebagai bentuk komunikasi non-personal yang menjual pesan pesan persuasive dari sponsor yang jelas untuk mempengaruhi (membujuk orang-orang) sehingga membeli produk dengan membayar sejumlah biaya untuk media.

Contoh :
 “Penggunaan pestisida dan pupuk kimia untuk tanaman dalam jangka waktu yang lama tidak lagi  menyuburkan tanaman dan memberantas hama. Pestisida justru dapat mencemari lingkungan dan menjadikan tanah lebih keras sehingga perlu pengolahan dengan biaya yang tinggi. Oleh karena itu, hindarilah penggunaan pestisida secara berlebihan.”

II.2. Propaganda
Propaganda adalah rangkaian pesan yang bertujuan untuk mempengaruhi pendapat dan kelakuan masyarakat atau sekelompok orang. Propaganda tidak menyampaikan secara obyektif, tetapi memberikan informasi yang dirancang untuk mempengaruhi pihak yang mendengar/melihatnya.

Contoh :
“Mau cepat sukses? Caranya sangat mudah sekali dengan investasi modal kecil saja saldo rekening anda bisa bertambah setiap hari.”



Dipublikasikan oleh :
Kelompok Persuasi
Kelas X.4

Anggota :
  1. Anisah Khairiyyah
  2. Genta Fikri Hardiansah
  3. Kevin Dilapanga
  4. Maulana Aldira Hariasmada
  5. Naufal Rahadyan Prahastya
  6. Steven Dwisetya
  7. Wahyu Siddhi Triatmojo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar