I. PENGERTIAN
Paragraf
persuasif adalah suatu bentuk karangan yang bertujuan membujuk pembaca agar mau
berbuat sesuatu sesuai dengan keinginan penulisnya. Agar tujuannya dapat
tercapai, penulis harus mampu mengemukakan pembuktian dengan data dan
fakta.
II. JENIS-JENIS
II.1. Iklan
Pengertian iklan bisa di definisikan
sebagai bentuk komunikasi non-personal yang menjual pesan pesan persuasive dari
sponsor yang jelas untuk mempengaruhi (membujuk orang-orang) sehingga membeli
produk dengan membayar sejumlah biaya untuk media.
Contoh :
“Penggunaan pestisida dan pupuk kimia
untuk tanaman dalam jangka waktu yang lama tidak lagi menyuburkan tanaman dan memberantas hama.
Pestisida justru dapat mencemari lingkungan dan menjadikan tanah lebih keras
sehingga perlu pengolahan dengan biaya yang tinggi. Oleh karena itu,
hindarilah penggunaan pestisida secara berlebihan.”
II.2. Propaganda
Propaganda adalah rangkaian pesan yang
bertujuan untuk mempengaruhi pendapat dan kelakuan masyarakat atau sekelompok
orang. Propaganda tidak menyampaikan secara obyektif, tetapi memberikan
informasi yang dirancang untuk mempengaruhi pihak yang mendengar/melihatnya.
Contoh :
“Mau cepat
sukses? Caranya sangat mudah sekali dengan investasi modal kecil saja saldo
rekening anda bisa bertambah setiap hari.”
Dipublikasikan oleh :
Kelompok Persuasi
Kelas X.4
Anggota :
- Anisah Khairiyyah
- Genta Fikri Hardiansah
- Kevin Dilapanga
- Maulana Aldira Hariasmada
- Naufal Rahadyan Prahastya
- Steven Dwisetya
- Wahyu Siddhi Triatmojo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar