Selamat Datang di Blog Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas X.4 SMA Negeri 2 Kota Tangerang Selatan
Tingkatkan Prestasi dengan Mencintai dan Melestarikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Minggu, 13 Januari 2013

KUMPULAN PUISI ATAU PANTUN KELOMPOK I


KUMPULAN PUISI

Gelap dan Sunyi
Karya: Agastia Irdrananda

Apa yang kulihat?
Apa yang kudengar?
Aku tak tahu, sama sekali tidak tahu
Hanya duduk diam,
jalan tak tentu arah,
hanya bisa merasakan sesuatu
Kulampiaskan amarahku,
kuhancurkan apa yang kusentuh
Kenapa?
Tak ada yang bisa kudengar !
Tak ada yang bisa kulihat !
Seseorang...
Tolong...
Tolong aku...
Genggamlah tanganku
Karena aku, tidak ingin sendiri lagi
Dalam kegelapan, dan kesunyian



Aku Pantas Bersyukur
(Karya Riany Marifatika)
Nutrisi mendatangiku dari hutan padi
Nutrisi dikais engkau di hamparan jerami
Mengalir deras air di bendunganku
Menetespun enggan di sumur tuamu
Hamparan kain menggumpal di sekujur ragaku
Seutas benangpun tak kunjung menyelimutimu
Tubuhku kokoh seumpama baja
Tubuhmu rapuh layaknya kapas
Awan empuk menemani hangatnya kegelapanku
Selembar debu menemani sunyinya kegelapanmu
Istana megah ruang kehidupanku
Hamparan koran tenda kehidupanmu
Kecanggihan waktu mengelilingi pikiranku
Keseriusan waktu mendekap jiwamu
Kulenyapkan perhiasanku tanpa duka
Kaucari sehelai daunmu penuh tawa
Hati ini merintih
Lisanku tak mampu berkicau
Hanya air mata yang sanggup melukiskan
Terima kasih Tuhanku



Bundaku Kasihku
Syadza Lutfiyyah
Terdengar alunan suara merdumu
Memanggil namaku
Terasa indahnya kasihmu
Saat kau dekap tubuh kecil ku ini
Tak kurasakan gelisah dan resah
Saat kau berada di dekatku
Oh…. Bunda kau dekap  tubuh ku ini
Tubuh anak mungil  mu ini dengan penuh cinta dan kasih
Kehangatan yang menyelimuti jiwa dan raga ku
Sehingga aku merasa nyaman
                   
Tapi  bunda …..
Tak  ada lagi anak mungil mu ini
Yang ada hanya kenangan ku akan semuanya
Semua dekapan yang penuh cinta dan kasih itu

Sekarang tak sempat lagi aku merasakan dekapan mu itu
Bahkan tak ada lagi waktu ku untukmu
Aku ingin bunda……..       
Aku ingin kembali di saat dulu aku selalu ada di peluk kmu
Sungguh bunda aku ingin…….
Tapi apa daya diri ku mengekang kenyataan ini
Anak mungil mu ini sudah besar bunda……

Walau aku bukan lagi anak mungil yang kau timang dulu
Tapi  bunda yang tidak akan pernah berubah adalah
aku tetap anakmu yang akan paling mencintai dan mengasihi mu
Sampai akhir hayat ku……….



KUMPULAN PANTUN



1. Ririn Ika Lestyaningrum
Buah semangka dihinggapi parkit
Semangka dimakan habislah jadi
Janganlah engkau jadi kacang yang lupa akan kulit
Kembalilah mengabdi untuk bumi pertiwi






2. Rahma Nurmufiidah
Ambilkan paku untuk Jihan
Pakunya kering tampak karatan
Janganlah engkau bermalas-malasan
Agar kelak sukses dimasa depan








3. Nia Sabrina Purnamasari
Pergi ke sungai ciliwung
Jangan lupa ambil batu
Dari kecil biasa menabung
Sudah besar tidak dibantu





Tidak ada komentar:

Posting Komentar